Langsung ke konten utama

Prinsip Koperasi

Prinsip Koperasi

1.    Keanggotaan bersifat sukarela.
Anggota yang ingin masuk ke dalam koperasi adalah anggota yang sukarela, terbuka bagi semua orang yang bersedia menggunakan jasa-jasanya, dan bersedia menerima tanggung jawab keanggotaan tanpa membedakan suku, ras, agama, gender, latar belakang sosial, atau politik.

2.    Demokrasi.
Demokrasi adalah dari, oleh, dan untuk rakyat. Dari pengertuan demokrasi, sudah jelas bahwa koperasi adalah dari, oleh, dan untuk anggotanya. Setiap keputusan dan kebijakan dalam koperasi dibuat oleh pengurus atau pengawas yang bertanggung jawab kepada Rapat Anggota.

3.    Pembagian SHU secara adil.
Dalam membagi hasil usaha, koperasi memiliki prinsip pembagian SHU secara adil. Maksudnya adalah pembagian SHU tetap dibagikan sesuai dengan kinerja yang dilakukan tiap anggota dan bukan karena modal yang pernah disumbangkan.

4.    Pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal.
Modal yang pernah diberikan oleh anggota tidak seperti membeli sebuah saham yang akan terus menerus mendapat dividend tetapi mengembalikan modal tersebut secara terbatas. Uang tersebut diberikan oleh koperasi hingga modal tersebut kembali.

5.    Kemandirian.
Koperasi adalah organisasi yang mandiri. Koperasi dapat membuat perjanjian dengan pihak lain, termasuk pemerintah, dan memperoleh modal dari luar. Dalam membuat perjanjian dengan pihak luar, harus berdasarkan persyaratan yang tetap menjamin adanya upaya:
a.      Pengawasan yang demokratis dari anggotanya.
b.      Mempertahankan otonom koperasi.

6.    Pendidikan perkoperasian dan kerjasama antar koperasi.
Pendidikan dalam perkoperasian diberikan pada seluruh anggota koperasi yang bertujuan agar mereka dapat melaksanakan tugas dengan lebih efektif bagi perkembangan koperasi. Dalam mengembangkan koperasi diperlukan kerjasama antar koperasi pada tingkat lokal, regional atau internasional. Kerjasama yang dilakukan bertujuan agar gerakan koperasi dapat melayani anggotanya dengan efektif dan dapat memperkuat gerakan koperasi.

Catatan: Penjelasan diatas berdasarkan pemahaman saya sendiri. Apabila ada masukan, kritik, dan saran silahkan post di kolom kementar. Terima kasih

Komentar

  1. waaaahhhh informasi yang sangat bermanfaat...
    kunjungi juga nih blog saya insyaallah juga bermanfaat...
    koperasi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Informasi Akuntansi - Flowchart Pemesanan Tiket Kereta Api

Narative Pertama-tama penumpang harus memilih tanggal perjalanan, stasiun asal, stasiun tujuan, posisi tempat duduk, dan jumlah penumpang serta memasukan nama, nomor identitas dan nomor telepon penumpang yang akan berangkat yang diinput melalui layar sentuh atau keyboard fisik yang ada pada mesin “e-kiosk”. Data yang diinput akan masuk kedalam penyimpanan data penumpang. Kemudian, data input ini akan digunakan untuk membuat list penumpang oleh bagian pemesanan tiket. Setelah memasukan data-data tersebut, penumpang dapat langsung melakukan transaksi pembayaran melalui mesin ini. Metode pembayaran yang dapat diterima antara lain, pembayaran tunai menggunakan uang pecahan Rp 2.000 sampai Rp 100.000, pembayaran dengan kartu debit jaringan Alto dan pembayaran dengan kartu T-Money dari Telkom . Apabila pembayaran tunai tanpa uang pas, metode pengembalian melalui uang elektronik (e-money) dari Finnet Indonesia. Data transaksi akan secara otomatis tercatat pada jurnal biasa.

Contoh Soal Financial Statement (UTS Triakti School of Management)

Hanna Co. adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang rental mobil. Berikut ini adalah neraca saldo setelah penyesuaian 31 Desember 2015: Hanna Co. Adjusted Trial Balance December 31, 2015 (in $) Account Title Debit Credit Interest expense $ 36.000 Goodwill $ 1.234.000 Accumulated depreciation – building $  2.355.000 Rent Revenue $  10.350.000 Depreciation expense – building $  450.000 Interest Revenue $  4.672.000 Accumulated depreciation – vehicle $ 5.695.000 Supplies expense $ 137.000 Acount receivable $ 1.111.000 Vehicle $ 12.000.000 Depreciation expense – vehicle $ 300.000 Interest payable  X Trademarks $ 1.673.000

Contoh Bussiness Plan (Tugas Kewirausahaan)

       I.             Introductory Page A.     Name and Address of Business 1.       Nama Perusahaan                          : HM GIFTS 2.       Bidang Usaha                               : Toko Kado 3.       Alamat Perusahaan                       : Jl. Kemang Pratama blok A No. 9D, Bekasi 17114 4.       Nomor Telepone/Fax                    : 021-8800128/021-8345778 5.       Alamat E-mail                               : hm_gift@gmail.com 6.       Website                                         : www.hmgifts.com 7.       Social Media: ·          Instagram                          : HM_Gifts ·          Line                                   : HMGifts ·          Facebook                           : HM Gifts ·          Twitter                              : HM_Gifts 8.       Bank Perusahaan                           : Mandiri 9.       Bentuk Badan Hukum                  : Perusahaan Perseorangan 10.   Nomor Akte Pendirian                  : 10-8493-7298