Langsung ke konten utama

Ilmu Bisnis (Membangun Hubungan dengan Pelanggan melalui Marketing yang Efektif)

Bab 14. Membangun Hubungan dengan Pelanggan melalui Marketing yang Efektif




o  Marketing adalah suatu proses yang terkait dengan kelembagaan yang berfungsi dalam menciptakan, mengkomunikasikan dan menukar berbagai tawaran yang memiliki nilai bagi para konsumen, klien, mitra, dan masyarakat luas.
o  Relationship marketing merujuk pada keputusan marketing dan aktivitas-aktivitas yang fokus pada pencapaian hubungan jangka panjang, dan hubungan memuaskan kepada pelanggan.
o  Customer relationship management (CRM) adalah usaha mencari informasi pelanggan untuk memelihara hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Utilitas: Nilai Ditambahkan oleh Pemasaran
o  Kebutuhan adalah kemampuan dari barang atau jasa untuk memuaskan kebutuhan manusia.
o  Ada 4 macam kebutuhan:
a.      Utilitas bentuk dibuat dengan mengubah input produksi menjadi produk jadi.
b.      Utilitas tempat dibuat dengan membuat produk yang tersedia di lokasi di mana pelanggan ingin membeli itu.
c.       Utilitas Waktu dibuat dengan membuat produk yang tersedia ketika keinginan pelanggan untuk membelinya.
d.      Utilitas kepemilikan diciptakan dengan mentransfer judul (atau kepemilikan) dari suatu produk kepada pembeli.


Konsep Marketing
o  The marketing concept adalah filosofi bisnis bahwa perusahaan harus menyediakan barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan pelanggan melalui serangkaian terkoordinasi kegiatan yang memungkinkan perusahaan untuk mencapai tujuannya.

Evolusi konsep marketing
o  Evolusi konsep marketing diawali dari produsen yang berproduksi sebanyak-banyaknya agar biaya produksi semakin murah.
o  Pada tahun 1920-an, produksi yang melebihi dari permintaan membuat produsen harus mengarahkan usaha mereka pada penjualan barang disbanding hanya memproduksi. Muncul orientasi penjualan yang baru, seperti: iklan, promosi, dsb.
o  Pada tahun 1950-an, orang-orang bisnis mulai menyadari bahwa pengeluaran iklan sangat besar dan teknik penjualan yang menyeluruh terbukti tidak cukup. Maka manajer bisnis menyadari bahwa mereka tidak terutama pada produksi atau penjual melainkan berada dalam bisnis memuaskan kebutuhan pelanggan.

Implementasi Konsep Marketing
o  Perusahaan harus mengerahkan sumber-sumber marketing untuk:
a.      Menciptakan produk yang memuaskan konsumen.
b.      Memberi harga yang wajar.
c.       Memberikan promise.
d.      Menjamin distribusi. (maksudnya, menjamin bahwa barang tersebut dapat ditemukan di tempat-tempat tertentu)

Pasar dan Klasifikasinya
o  Pasar adalah sekumpulan individu atau organisasi atau keduanya yang membutuhkan produk di dalam suatu kategori tertentu dan yang memiliki kemampuan, keinginan, dan memiliki wewenangan untuk membeli produk tersebut.
o  Klasifikasi pasar dibagi menjadi 5, yaitu:
a.      Consumer markets terdiri dari pembeli dan / atau anggota rumah tangga yang berniat untuk mengkonsumsi atau manfaat dari produk yang dibeli dan yang tidak membeli produk untuk membuat keuntungan.
b.      Business-to-business market juga disebut pasar industri, dikelompokkan secara luas ke produser, reseller, pemerintah, dan kategori kelembagaan.
c.       Producer markets terdiri dari individu dan organisasi bisnis yang membeli produk tertentu untuk digunakan dalam pembuatan produk lainnya.
d.      Reseller market terdiri dari perantara seperti grosir dan pengecer, yang membeli produk jadi dan menjualnya untuk keuntungan.
e.      Governmental market terdiri dari federal, negara bagian, negara, dan pemerintah daerah.


Pengembangan Strategi Marketing
o  Strategi marketing adalah suatu rencana dimana suatu perusahaan dapat menggunakan sumber daya dan keunggulannya untuk mencapai tujuan.
o  Marketing strategy terdiri dari (1) pemilihan dan analisis target pasar dan (2) penciptaan dan pemeliharaan suatu marketing mix yang tepat.

Pemilihan dan Evaluasi Target Pasar
o  Target pasar adalah sekelompok individu atau organisasi, atau keduanya, untuk dimana perusahaan mengembangkan dan mempertahankan marketing mix yang sesuai untuk kebutuhan spesifik dan preferensi dari kelompok itu.
o  Marketing mix adalah kombinasi produk, harga, distribusi, dan promosi yang dikembangkan untuk memenuhi target pasar tertentu.

Pendekatan Tanpa Diferensiasi (Undifferentiated Approach)
o  Pendekatan tanpa diferensiasi mengarahkan marketing mix tunggal di seluruh pasar untuk produk tertentu. Contoh: Air mineral.

Pendekatan Segmentasi Pasar
o  Market segment adalah sekelompok individu atau organisasi dalam pasar yang berbagi satu atau lebih umum karakteristik.
o  Market segmentation adalah proses pembagian pasar ke dalam segment-segment.

Pendekatan Pasar pada Target yang Berbeda-Beda
o  Dalam pendekatan pasar ini, diperlukan beberapa marketing mix yang berbeda-beda untuk setiap target segment pasar yang ingin dicapai.


Marketing Strategy dan Lingkungan Marketing
Lingkungan eksternal pemasaran, yaitu:
a.      Kekuatan ekonomi - pengaruh kondisi ekonomi terhadap kemampuan pelanggan dan kemauan untuk membeli.
b.      Kekuatan sosial dan budaya - pengaruh dalam masyarakat dan budaya yang menghasilkan perubahan dalam sikap, keyakinan, norma, adat istiadat, dan gaya hidup.
c.       Kekuatan politik - pengaruh yang timbul melalui tindakan pejabat terpilih dan diangkat
d.      Kekuatan kompetitif - pengaruh yang timbul melalui tindakan pesaing, yang sedang dalam proses pelaksanaan rencana pemasaran mereka sendiri.
e.      Kekuatan hukum dan peraturan - peraturan yang melindungi konsumen dan persaingan dan peraturan pemerintah yang mempengaruhi pemasaran.
f.        Kekuatan teknologi - perubahan teknologi yang dapat menciptakan peluang pemasaran baru atau menyebabkan produk menjadi usang hampir semalam.

Perkembangan Rencana Marketing
o  Rencana marketing adalah dokumen tertulis yang menentukan sumber daya organisasi, tujuan, strategi pemasaran, dan pelaksanaan dan pengendalian upaya yang akan digunakan dalam memasarkan produk atau kelompok produk tertentu.
o  Sales forecast adalah perkiraan jumlah produk yang organisasi mengharapkan untuk menjual selama jangka waktu tertentu berdasarkan tingkat tertentu dari upaya pemasaran.

Informasi Marketing

Sistem Informasi Marketing
o  Sitem informasi marketing adalah sistem untuk mengelola informasi pemasaran yang dikumpulkan terus dari sumber internal dan eksternal.
                                                                        
Marketing Research
o  Marketing research adalah proses sistematis pengumpulan, pencatatan, dan menganalisis data mengenai masalah dalam pemasaran tertentu.
o  Marketing research digunakan dalam situasi tertentu untuk mendapatkan informasi untuk pengambil keputusan.

Tipe-Tipe Perilaku Pembeli
o  Perilaku pembelian dapat didefinisikan sebagai keputusan dan tindakan orang-orang yang terlibat dalam membeli dan menggunakan produk.

Consumer Buying Behavior
o  Perilaku konsumen dalam pembelian mengacu pada pembelian produk untuk penggunaan pribadi atau rumah tangga, bukan untuk tujuan bisnis.
o  Hal-hal yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan:
a.      Pengaruh situasi
§  Lingkungan fisik.
§  Lingkungan sosial.
§  Waktu.
§  Alasan pembelian.
§  Suasana hati pembeli dan kondisi.
b.      Pengaruh psikologi.
§  Persepsi.
§  Motives.
§  Belajar.
§  Sikap.
§  Kepribadian.
§  Gaya hidup.
c.       Pengaruh social.
§  Keluarga.
§  Peran.
§  Teman sebaya.
§  Kelas sosial.
§  Budaya.

o  Proses keputusan pembelian konsumen:
1.      Menyadari adanya kebutuhan.
2.      Mencari informasi.
3.      Membandingkan alternative.
4.      Membeli.
5.      Mengevaluasi setelah membeli.

o  Ada 3 jenis pendapatan, yaitu:
a.      Pendapatan personal adalah pendapatan individu menerima dari semua sumber yang kurang pajak jaminan sosial yang harus dibayar.
b.      Disposable income adalah pendapatan pribadi kurang semua pajak pribadi tambahan.
c.       Pendapatan tambahan adalah disposable income kurang tabungan dan pengeluaran makanan, pakaian, dan rumah.

Business Buying Behavior
o  Perilaku bisnis dalam pembelian adalah pembelian produk oleh produsen, reseller, unit pemerintah, dan lembaga.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Informasi Akuntansi - Flowchart Pemesanan Tiket Kereta Api

Narative Pertama-tama penumpang harus memilih tanggal perjalanan, stasiun asal, stasiun tujuan, posisi tempat duduk, dan jumlah penumpang serta memasukan nama, nomor identitas dan nomor telepon penumpang yang akan berangkat yang diinput melalui layar sentuh atau keyboard fisik yang ada pada mesin “e-kiosk”. Data yang diinput akan masuk kedalam penyimpanan data penumpang. Kemudian, data input ini akan digunakan untuk membuat list penumpang oleh bagian pemesanan tiket. Setelah memasukan data-data tersebut, penumpang dapat langsung melakukan transaksi pembayaran melalui mesin ini. Metode pembayaran yang dapat diterima antara lain, pembayaran tunai menggunakan uang pecahan Rp 2.000 sampai Rp 100.000, pembayaran dengan kartu debit jaringan Alto dan pembayaran dengan kartu T-Money dari Telkom . Apabila pembayaran tunai tanpa uang pas, metode pengembalian melalui uang elektronik (e-money) dari Finnet Indonesia. Data transaksi akan secara otomatis tercatat pada jurnal biasa.

Contoh Soal Financial Statement (UTS Triakti School of Management)

Hanna Co. adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang rental mobil. Berikut ini adalah neraca saldo setelah penyesuaian 31 Desember 2015: Hanna Co. Adjusted Trial Balance December 31, 2015 (in $) Account Title Debit Credit Interest expense $ 36.000 Goodwill $ 1.234.000 Accumulated depreciation – building $  2.355.000 Rent Revenue $  10.350.000 Depreciation expense – building $  450.000 Interest Revenue $  4.672.000 Accumulated depreciation – vehicle $ 5.695.000 Supplies expense $ 137.000 Acount receivable $ 1.111.000 Vehicle $ 12.000.000 Depreciation expense – vehicle $ 300.000 Interest payable  X Trademarks $ 1.673.000

Contoh Bussiness Plan (Tugas Kewirausahaan)

       I.             Introductory Page A.     Name and Address of Business 1.       Nama Perusahaan                          : HM GIFTS 2.       Bidang Usaha                               : Toko Kado 3.       Alamat Perusahaan                       : Jl. Kemang Pratama blok A No. 9D, Bekasi 17114 4.       Nomor Telepone/Fax                    : 021-8800128/021-8345778 5.       Alamat E-mail                               : hm_gift@gmail.com 6.       Website                                         : www.hmgifts.com 7.       Social Media: ·          Instagram                          : HM_Gifts ·          Line                                   : HMGifts ·          Facebook                           : HM Gifts ·          Twitter                              : HM_Gifts 8.       Bank Perusahaan                           : Mandiri 9.       Bentuk Badan Hukum                  : Perusahaan Perseorangan 10.   Nomor Akte Pendirian                  : 10-8493-7298