Langsung ke konten utama

Contoh Bussiness Plan (Tugas Kewirausahaan)

      I.            Introductory Page

A.    Name and Address of Business
1.      Nama Perusahaan                          : HM GIFTS
2.      Bidang Usaha                               : Toko Kado
3.      Alamat Perusahaan                       : Jl. Kemang Pratama blok A No. 9D, Bekasi 17114
4.      Nomor Telepone/Fax                    : 021-8800128/021-8345778
5.      Alamat E-mail                               : hm_gift@gmail.com
6.      Website                                         : www.hmgifts.com
7.      Social Media:
·         Instagram                          : HM_Gifts
·         Line                                   : HMGifts
·         Facebook                           : HM Gifts
·         Twitter                              : HM_Gifts
8.      Bank Perusahaan                           : Mandiri
9.      Bentuk Badan Hukum                  : Perusahaan Perseorangan
10.  Nomor Akte Pendirian                  : 10-8493-7298
11.  N P W P                                        : 12930-84093-84920
12.  Mulai Berdiri                                 : 30 Juni 2011
HM GIFTS buka setiap hari dari pukul 09.00 – 21.00 WIB.

B.     Name(s) and Address(s) of Principal(s)
1.      Nama                                             : Hanna Chritianto Yap
2.      Jabatan                                          : Direktur Utama
3.      Tempat dan Tanggal Lahir            : Bekasi, 28 April 1996
4.      Alamat Rumah                              : Jl. Bambu Kuning Selatan IX no. 9B, Rawa Lumbu, Bekasi
5.      Nomor Telepon                             : +62877-7931-0742
6.      Alamat E-mail                               : hannachritianto@gmail.com
7.      Pendidikan Terakhir                      : SMA
8.      Pengalaman Kerja                         : 3 tahun

C.     Nature of Business
Bisnis kami merupakan bisnis toko kado yang menjual kado-kado hand made. Tidak hanya menjual produk, kami juga menjual jasa untuk para pelanggan kami untuk bisa membuat kadonya sendiri. Bisnis ini dibuka berdasarkan hobi pemiliki perusahaan, dan besarnya potensi pasar yang ada di Indonesia bahkan manca negara.



   II.            Executive Summary

Perusahaan kami, HM GIFTS, adalah perusahaan yang beregerak dibidang pembuatan kado-kado buatan tangan. Tidak hanya membuat, tetapi kami juga mengajak konsumen untuk membuat kado buatan tangannya sendiri di toko kami.
Saat ini, nilai penjualan kami terus meningkat bahkan akibat dari permintaan yang sangat banyak, kami sering sekali kehabisan barang jadi. Permintaan produk barang dan/atau jasa kami yang terus meningkat ini, kami ingin sekali mengembagkan usaha kami dengan meningkatkan produktifitas dan meningkatkan variasi dari produk kami.
Untuk meningkatkan produktifitas di perusahaan kami, kami membutuhkan dana sebanyak lebih kurang Rp350.000.000,00 (tiga ratus lima puluh juta rupiah). Dengan dana tersebut, kami yakin dapat meningkatkan produktifitas kami, dan memungkinkan peningkatan penjualan hingga 70% di tahun berikutnya.
Rencananya dana yang kami peroleh digunakan untuk menambah tenaga kerja, peralatan, membeli bahan baku baru, promosi produk baru, dan sebuah cabang baru dari perusahaan kami.
Jangka waktu pengembalian modal kami, setelah ekspansi ini, adalah sekitar 5 tahun.






III.            Industry Analysis

A.    Future Outlook and Trends
Saat ini, industry life style menjadi bisnis nomor satu di Indonesia dengan rata-rata pertumbuhan ekonomi sebesar 4-6% per tahun ditambah dengan gaya hidup masyarakat yang konsumtif. Tidak hanya itu, Indonesia juga memiliki populasi yang cukup besar terutama untuk kalangan usia muda.
Kado hand made merupakan salah satu contoh produk dari trend life style. Saat ini memang banyak sekali toko kado namun hanya merupakan toko kado biasa. Masih sangat sedikit yang membuka toko kado hand made. Kado hand made memiliki nilai tersendiri dibandingkan dengan kado biasa. Melihat potensi pasar yang terus berkembang dan masih sedikitnya pesaing, kami yakin untuk membuka usaha ini dengan profit yang besar dikemudian hari.

B.     Analysis of Competitors
Pesaing toko kado hand made
 

Pesaing toko kado biasa



C.     Market Segmentation
Pembeli dari HM GIFTS biasanya adalah kalangan anak muda hingga orang tua, terutama kaum hawa. Menurut testimony dari para konsumen kami, produk-produk yang kami tawarkan sangat unik, lucu, dan berkualitas. Biasanya mereka membeli hadiah untuk buah hatinya, kerabat, saudara, teman, sahabat, bahkan orang tua. Bahkan tidak sedikit juga yang membeli untuk keperluan pribadi.
Kami ingin memperluas target pasar kami, hingga menjangkau anak-anak kecil usia 3-8 tahun. Kami ingin sekali, terutama untuk produk jasa kami, dapat lebih dinikmati oleh keluarga.

D.    Industry and Market Forecast
Indusri ini akan semakin berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, dan akan semakin banyak pesaing untuk membuka toko kado seperti kami. Namun permintaan pasar tidak akan habis karena setiap hari pastilah ada event special. Event spesial tidak lah harus acara ulang tahun, tetapi juga acara anniversary, kelulusan, ucapan hari raya, dan sebagainya.






IV.            Description of Venture

A.    Product(s)
Produk yang dibuat oleh HM GIFTS adalah aneka kado hand made (buatan tangan) yang unik dan tentu saja sangat menarik. Berikut produk yang ditawarkan HM GIFTS:
1.      The 365 Jar
2.      Exploding Box
3.      Scrap Book
4.      Scrap Frame

B.     Services(s)
Jasa yang disediakan oleh HM GIFTS adalah sebagai berikut:
1.      Pembuatan kado sendiri
2.      Jasa pengiriman kado special
3.      Cetak foto

C.     Size Of Business
Ukuran bisnis HM GIFTS saat ini adalah usaha kecil menengah.

D.    Office Equipment and Personnel
Peralatan yang digunakan oleh HM GIFTS pada bagian penjualan maupun kantor hampir sama dengan toko-toko lainnya, yaitu:
1.      Komputer
2.      AC
3.      Rak
4.      Meja dan kursi
5.      Printer
6.      Alat tulis kantor
7.      Mesin kasir
8.      Dll
Karyawan yang bertugas di toko dan pabrik adalah sebagai berikut:

E.     Background of Entrepreneur(s)
Hanna Chritianto Yap adalah seorang mahasiswa di Trisakti School of Management. Ia sangat menyukai kewirausahaan. Hanna juga adalah seorang guru sekolah minggu yang sangat menyukai kerajinan tangan untuk anak-anak yang kemudian menjadi cikal bakal ide untuk membuat sebuah toko kado yang menjual kado-kado buatan tangan karena kado buatan tangan memiliki nilai tersendiri bagi yang menerimanya. Berdasarkan hobi dan melihat potensi pasar yang cukup besar, mendorong Hanna untuk membuka usaha ini.




  V.            Production Plan

A.    Manufacturing Process
Berikut adalah proses produksi pembuatan The 365 Jar:
1.      Siapkan toples yang akan diisi, hiasan, dan kertas serta alat tulisnya untuk menulis 365 keinginan, mimpi, quote, lyrics, dan sebagainya
2.      Potong kertas sesuai keinginan, dan tulis apa yang diinginkan pada kertas tersebut. Kertas juga bisa dilipat origami
3.      Hias toples sesuai keinginan, dan jangan lupa tempelkan petunjuk penggunaan pada toples
4.      Masukan semua kertas yang sudah dibuat dalam toples, dan tutup toples tersebut
5.      The 365 Jar siap untuk diberikan atau disimpan

Berikut adalah proses produksi pembuatan Exploding Box:
1.      Kertas karton layer pertama kita membuat pola kubus dengan ukuran 14x14 cm
2.      Setelah digaris, potong pola dengan menggunakan cutter atau gunting
3.      Kemudian buat hal yang sama untuk layer kedua dan ketiga namun memiliki ukuran yang lebih kecil
4.      Hias tiap lapisan layer dan tempelkan foto kenangan pada tiap layer
5.      Setelah menghias, kaitkan tiap layer dengan cara menempelkan bagian bawah layer dengan lem atau double tape
6.      Setelah dikaitkan, buat tutup kotak layer dengan cara, membuat pola balok pada kertas karton, yang kemudian digunting, dan dilem bagian sisinya
7.      Exploding box ditutup dan siap untuk diberikan atau disimpan

Berikut adalah proses produksi pembuatan Scrap Book:
1.      Tentukan tema apa yang ada di  scrapbook
2.      Tentukan setting cerita yang akan digunakan (optional)
3.      Pilih item yang sesuai dengan scrapbook
4.      Buat tata letak scrapbook beserta hiasan dasarnya
5.      Menempelkan foto pada scrapbook
6.      Beri judul pada halaman scrapbook
7.      Beri komentar pada tiap item yang dimasukan (optional)
8.      Berikan hiasan tambahan
9.      Susun semua halam scrapbook dan jilid/album
10.  Scrapbook siap untuk diberikan atau disimpan

Berikut adalah proses produksi pembuatan Scrap Frame:
1.      Siapkan konsep scrapframe
2.      Siapkan bahan-bahan dan peralatan scrapframe
3.      Siapkan kertas yang akan digunakan, kemudian buat beberapa lacenya atas, bawah, tengah, atau sampig untuk mempercantik scrapframe
4.      Susun semua bahan, seperti hiasan dan foto, pada kertas. Jangn langsung di lem, lebih baik ditimpa-timpa dulu.
5.      Setelah dirasa cukup pas dan mantap dengan design, barulah melakukan pengeleman
6.      Finishing scrapframe dengan cara mengecek kerapian, lem, dan pemasangan paper di bingkai/frame.

B.     Physical Plant
Pabrik fisik kami berada di lantai 2 ruko HM GIFTS, dimana di lantai 1 merupakan bagian sales HM GIFTS dan workshop untuk para konumen pengguna jasa pembuatan kado sendiri.

C.     Machinery and Equipment
Peralatan yang digunakan oleh HM GIFTS dalam kegiatan produksi hanya peralatan biasa, seperti:
·         Komputer
·         Printer
·         Alat potong
·         Dsb

D.    Names of Supplier of Raw Materials
Berikut adalah supplier HM GIFTS:
1.      PT Embossindo Utama
Alamat      : Jl. Tanah Abang II No.68 Jakarta 10160, Indonesia
Telepon     : (62-21) 352-2888
Fax            : (62-21) 3352-1907 ; 321-1908
Website     : www.embossindo.com
2.      PT Tjiwi Kimia
Website     : wwww.tjiwi.co.id
Alamat      : Jl. Thamrin No.51, Jakata 10350 - Indonesia
Telepon     : (62-21) 392 9266
Fax            : (62-21) 392 6179
3.      Bina Mandiri Stationary
Website     : www.tokomandiri.com
Alamat      : Jl. Pangeran Jayakarta Komplek 141 Blok A No.17, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar – Jakarta Pusat 10730
Telepon     : (021) 6252421, 6241328, 62320815, 62320816
Fax            : (021) 62307768
4.      Pita Renda
Website     : www.pitarenda.com
Alamat      : Jl. Magnolia 8 Blok J No.13, BSD Sektor 1.2, Serpong Utara, Banten
Telepon     : 0812-86364222
5.      Botol Toples Kaca
Alamat      : Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Jawa Barat
Telepon     : (021) 99958565







VI.            Operations Plan

A.    Description of Company’s Operation
Berikut merupakan tata letak toko HM GIFTS yang terletak di lantai 1 ruko yang berada di daerah Kemang Pratama.
  
Berikut merupakan tata letak pabrik dan kantor HM GIFTS yang terletak di lantai 2 ruko.



Dalam toko HM GIFTS, konsumen akan diberikan layanan seperti wifi gratis.


B.     Flow of Orders for Goods and/or Services
Untuk pemesanan barang HM GIFTS, konsumen dapat memesannya secara langsung dengan datang ke toko kami yang berada di Kemang Pratama. Bisa juga melakukan pemesanan online di www.hmgifts.com dengan mengisi form pemesanan yang terdapat di web. Form yang sudah diisi dan di-confirm akan masuk ke dalam data base HM GIFTS yang kemudian informasi dalam form langsung disalurkan kepada berbagai divisi perusahaan sesuai kebutuhannya. Barang yang sudah dipesan, akan dikirmkan melalui jasa pengiriman barang yang sudah kompeten dibidangnya, yaitu JNE atau dapat dikirmkan melalui jasa pengiriman kado special.
Untuk pemesanan jasa HM GIFTS konsumen dapat memesannya secara langsung dengan datang ke toko kami dan membuat sendiri kado yang diinginkan.
Untuk pemesanan jasa pengiriman kado special dapat dipesan saat bersamaan dengan pemesanan barang atau saat barang yang dibuat dari jasa pembuatan kado sendiri selesai.
Untuk jasa cetak foto, konsumen dapat lanngsung pergi ke toko kami dengan membawa foto yang ingin di cetak dalam flash disk, CD, kartu memori, HP, dan sebagainya. Atau jika memesan lewat internet, dapat mengirimkan foto ke email kami, yaitu hm_gifts@gmail.com.




VII.            Marketing Plan

A.    Pricing
Harga produk dan jasa HM GIFTS sangat bervariasi. Berikut harga produk HM GIFTS:
1.      Jar 365
·         Original                                               : Rp55.000,00
·         Custom (Origami, full hiasan)            : Rp90.000,00
2.      Exploding Box
·         Original (ukuran 14x14x14 cm, tutup box hias)                     : Rp100.000,00
·         Custom                                   
Ø  Ukuran 14x14x14 cm, cetak foto 12-20 buah, full hiasan                        : Rp200.000,00
Ø  Ukuran 14x14x14 cm, cetak foto 12-20 buah, full hiasan, 1 popup         : Rp250.000,00
3.      Scrap Book
·         Original                                  
Ø  Ukuran 15x20 cm, 5 lembar, cover hias    : Rp80.000,00
Ø  Ukuran 20x20 cm, 5 lembar, cover hias    : Rp100.000,00
·         Custom                                   
Ø  Ukuran 15x20 cm, 5 lembar, full hias, cetak foto maks 15 buah, 1 popup : Rp180.000,00
Ø  Ukuran 20x20 cm, 5 lembar, full hias, cetak foto maks 20 buah, 1 popup : Rp210.000,00
4.      Scrap Frame
·         Original (25x25x4cm)                                                 : Rp115.000,00
·         Custom
Ø  Ukuran 25x25x4 cm, cetak foto 1-5  buah           : Rp150.000,00
Ø  Ukuran 25x35x4 cm, cetak foto 2-8 buah                        : Rp180.000,00
Ø  Ukuran 35x45x4 cm, cetak foto 4-12 buah          : Rp320.000,00

Berikut harga jasa  HM GIFTS:
1.      Jasa pembuatan kado sendiri
·         Jar 365                         : Rp120.000,00 – Rp160.000,00
·         Exploding Box            : Rp235.000,00 – Rp300.000,00
·         Scrap Book                 : Rp220.000,00 – Rp270.000,00
·         Scrap Frame                : Rp180.000,00 – Rp370.000,00
2.      Jasa pengiriman kado special
·         Jarak  15 km             : Rp20.000,00
·         Jarak 15-30 km            : Rp35.000,00
·         Jarak 30-45 km            : Rp55.000,00
3.      Jasa cetak foto
·         Ukuran 2R                  : Rp2.500,00/lembar
·         Ukuran 3R                  : Rp3.500,00/lembar
·         Ukuran 5R                  : Rp5.500,00/lembar
·         Ukuran 10R                : Rp10.000,00/lembar

B.     Distribution
Distribusi barang secara lokal hanya melalui toko HM GIFTS sedangkan untuk penjualan di luar Jakarta dan luar negeri hanya secara online.

C.     Promotion
Promosi HM GIFTS dilakukan dengan membuat iklan di media sosial kami, youtube, dan google. Tidak hanya itu, kami juga meyebarkan brosur disekitar toko kami. Selain itu kami juga menggunakan metode promosi melalui word of mouth melalui testimony para konsumen yang sudah membeli dan/atau menggunakan jasa kami. Kami juga mengadakan event lomba foto ulang tahun, kelulusan, anniversary, dan hari raya bersama HM GIFTS dengan hadiah sebesar Rp500.000,00 untuk 2 orang pemenang. Event ini diadakan 4 bulan sekali setiap bulan April, Agustus, dan Desember.

D.    Product Forecast
Kami akan membuat pengembangan produk kado hand made unik, edukatif, dan aman yang tentunya sangat menarik bagi anak-anak. Selain itu, kami ingin mengembangkan kado hand made, seperti popup card, dan popup book

E.     Controls
Kontrol pada toko, pabrik, dan kantor HM GIFTS dilakukan dengan:
·         Memasang CCTV di seluruh area ruko, termasuk bagian luar ruko.
·         Memasang absensi sidik jari pada toko.
·         Memasang bunyi bel bagi para pelanggan yang masuk ke dalam toko.



VIII.            Organizational Plan

A.    Form of Ownership
Nama                           : Hanna Chritianto Yap
Usia                             : 20 tahun
Jabatan                        : Direktur Utama
Pendidikan terakhir     : SMA
Biaya saat memulai bisnis yang dibutuhkan adalah Rp300.000.000,00 (terlampir pada financial plan)
Biaya yang dibutuhkan untuk investasi bisnis kami adalah Rp350.000.000,00 (terlampir pada financial plan)

B.     Authority of Principles
Pemilik perusahaan, Hanna Chritianto Yap, memiliki hak untuk memilih sendiri tenaga kerja yang ingin dipekerjakannya, memiliki hak untuk memutuskan apa yang akan dilakukan perusahaan selanjutnya, dan memberikan otorisasi bagi setiap divisi perusahaan. Terutama dalam otorisasi untuk pengeluaran dana yang cukup besar.

C.     Management Team Background
Filosofi model dari management kami adalah dengan membuat seluruh karyawan merasa bahwa perusahaan adalah keluarga. Selain itu dalam management kami, kami menerapkan konsep reward and punishment. Kami memberlakukannya dengan cukup tegas. Setiap karyawan bahkan pemilik perusahaan diberlakukan peraturan ini

D.    Roles and Responsibilities of Members of Organization
Dalam peruahaan, pemilik perusahaan juga ikut terlibat dalam aktivitas managerial perusahaan. Berikut adalah struktur organisasi HM GIFTS



Kewajiban dan tanggung jawab direktur utama:
1)      Memberi otorisasi untuk kegiatan perusahaan
2)      Memberi otorisasi untuk pembayaran yang dilakukan perusahaan
3)      Bertanggung jawab atas seluruh kegiatan perusahaan
4)      Mengawasi kinerja setiap divisi perusahaan
5)      Membuat standar tenaga kerja perusahaan

Kewajiban dan tanggung jawab divisi keuangan dan akuntansi:
1)      Membuat invoice
2)      Membuat bukti pembayaran pelanggan
3)      Membuat laporan keuangan, dan persediaan perusahaan
4)      Mengelola dana yang dibutuhkan selama produksi
5)      Mengatur pengeluaran dana perusahaan
6)      Membuat forecast keuntungan/kerugian perusahaan

Kewajiban dan tanggung jawab divisi produksi dan operasional:
1)      Mengatur jam kerja perusahaan
2)      Mengatur posisi tata letak ruang produksi agar efektif dan efisien
3)      Membuat laporan biaya produksi
4)      Melakukan kegiatan produksi dan operasionalnya
5)      Menetapkan standar produk
6)      Membuat forecast produksi tahunan
7)      Membuat target produksi

Kewajiban dan taggung jawab divisi pemasaran dan penjualan:
1)      Membuat promosi perusahaan
2)      Mengatur kegiatan event perusahaan
3)      Mengatur tata letak toko agar sesuai dengan kebutuhan pelanggan
4)      Menyusun rencana penjualan
5)      Mem-follow up pesanan pelanggan
6)      Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan
7)      Memberikan informasi produk pada konsumen

Kewajiban dan tanggung jawab divisi perencanaan dan pengembangan:
1)      Melakukan review dan evaluasi atau hasil kajian resiko dari rencana pengembangan bisnis baru dan setiap kegiatan operasional perusahaan untuk memastikan apakah rencana bisnis sudah berjalan sesuai dengan standard an prosedur yang telah berlaku
2)      Melakukan perencanaan jangka panjang dan jangka pendek perusahaan
3)      Melakukan kajian pengembangan produk-produk baru
4)      Mengumpulkan informasi
5)      Pengolahan data dan analisa penelitian






IX.            Assessment of Risk

A.    Evaluate Weakness(es) of Business
\




  X.            Financial Plan

A.    Laporan Keuangan
Laporan keuangan akan dilampirkan. (*Kurang lebih kayak gini lah formatnya, selain itu ada laporan neraca juga dan arus kas saat itu)




B.     Kebutuhan Investasi
Kebutuhan ivestasi perusahaan akan dilampirkan.


C.     Rencana arus kas
Rencana arus kas akan dilampirkan. (*kurang lebih seperti ini)



D.    Sources and Applications of Funds
Sumber pendanaan berasal dari hasil penjualan produk barang/jasa HM GIFTS, modal pribadi pemilik perusahaan, dan para investor. Pendanaan akan diaplikasikan untuk kebutuhan investasi, yaitu untuk melakukan pengembangan produk.




XI.            Appendix
A.    Foto contoh produk HM GIFTS
1.      The 365 Jar
*cari di google 
           
2.      Exploding Box
 *Cari di google

3.      Scrap Book
 *Cari di google

4.      Scrap Frame
 *cari di google




B.     Leases or Contract
KPR Ruko
o   Harga Ruko                       : Rp1.500.000.000,00
o   Uang Muka                       : Rp180.000.000,00
o   Plafon Pinjaman                : Rp1.320.000.000,00
o   Angsuran per periode        : Rp19.904.136,91
o   Tenor                                 : 10 tahun
o   Total periode                     : 120 bulan
o   Biaya provisi                     : Rp13.200.000,00
o   Biaya administrasi             : Rp1.320.000,00
o   Bunga                                : 13,25% / tahun

o   Perhitungan bunga            : Anuitas




Catatan:
Sumber gambar: Google (aku lupa ambil sumbernya dri mana.)
Bentuk format ini masih bisa berubah tergantung dari kebutuhan pengguna yang seperti apa.
Toko yang dijadikan contoh diatas merupakan toko fiktif yang tidak ada.
Mohon maaf bila ada kesamaan nama dan tempat.
Terima kasih kepada para pembaca, semoga bermanfaat.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Informasi Akuntansi - Flowchart Pemesanan Tiket Kereta Api

Narative Pertama-tama penumpang harus memilih tanggal perjalanan, stasiun asal, stasiun tujuan, posisi tempat duduk, dan jumlah penumpang serta memasukan nama, nomor identitas dan nomor telepon penumpang yang akan berangkat yang diinput melalui layar sentuh atau keyboard fisik yang ada pada mesin “e-kiosk”. Data yang diinput akan masuk kedalam penyimpanan data penumpang. Kemudian, data input ini akan digunakan untuk membuat list penumpang oleh bagian pemesanan tiket. Setelah memasukan data-data tersebut, penumpang dapat langsung melakukan transaksi pembayaran melalui mesin ini. Metode pembayaran yang dapat diterima antara lain, pembayaran tunai menggunakan uang pecahan Rp 2.000 sampai Rp 100.000, pembayaran dengan kartu debit jaringan Alto dan pembayaran dengan kartu T-Money dari Telkom . Apabila pembayaran tunai tanpa uang pas, metode pengembalian melalui uang elektronik (e-money) dari Finnet Indonesia. Data transaksi akan secara otomatis tercatat pada jurnal biasa.

Contoh Soal Financial Statement (UTS Triakti School of Management)

Hanna Co. adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang rental mobil. Berikut ini adalah neraca saldo setelah penyesuaian 31 Desember 2015: Hanna Co. Adjusted Trial Balance December 31, 2015 (in $) Account Title Debit Credit Interest expense $ 36.000 Goodwill $ 1.234.000 Accumulated depreciation – building $  2.355.000 Rent Revenue $  10.350.000 Depreciation expense – building $  450.000 Interest Revenue $  4.672.000 Accumulated depreciation – vehicle $ 5.695.000 Supplies expense $ 137.000 Acount receivable $ 1.111.000 Vehicle $ 12.000.000 Depreciation expense – vehicle $ 300.000 Interest payable  X Trademarks $ 1.673.000